Rabu, 06 April 2016

Penyebab dan Tanda Wanita Hamil Diluar Kandungan

Hello, artikel ini adalah tentang tanda tanda dan penyebab hamil diluar kandungan. artikel ditulis dengan bahasa singkat namun mudah dipahami, selamat membaca.
Hamil di luar kandungan disebut juga kehamilan ektopik, tentu anda seringkali mendengar tentang masalah tersebut terjadi pada wanita yang masuk pada masa trimester awal kehamilanya alias hamil muda. Nah, terkadang kita bingung bagaimana hal seperti itu bisa terjadi. Tentu yang ada di pikiran kita adalah kehamilan tersebut sangat aneh karena ada di luar kandungan, dan kadang kita tak habis pikir kehamilan seperti apa itu. Hamil di luar kandungan atau sering disebut dengan kehamilan ektopik adalah suatu kehamilan yang proses pembuahannya tersendat macet tak dapat sampai pada rahim dan kemudian menetap pada saluran telur. Implan embrio tersebut tertanam di luar rahim maka dari itu disebut dengan hamil di luar kandungan, ingat ya bukan di luar perut seperti yang anda bayangkan. Kejadian sepertti ini haruslah anda waspadai bagi anda yang sedang merencanakan untuk hamil karena sebagian besar ibu hamil yang mengalami hal ini dapat dipastikan kehamilannya tidak akan berhasil dan bertahan lama, rata-rata sekitar 5 hingga 10 minggu saja kehamilan ini dapat dipertahankan. Selanjutnya, ibu tersebut mengalami hal yang sering disebut dengan keguguran.

Penyebab Hamil Di Luar Kandungan

Hamil di luar kandungan yang terjadi karena zigot tidak sampai dan tidak membenamkan diri di rahim, tertahan di saluran telur. Hal inilah yang kemudian menyebabkan janin yang tertanam tak dapat bertumbuh kembang dengan baik karena letaknya yang tertahan di saluran telur, tidak pada tempatnya. Nah, hal-hal yang menyebabkan ibu mengalami kehamilan ektopik ini yaitu karena adanya tumor yang tumbuh di dinding saluran telur dan menyebabkan penyempitan saluran telur sehingga ia menghambat jalannya zigot ke rahim. Selain itu, disebabkan pula karena penggunaan obat antibiotik untuk mengobati penyakit tertentu pada kelamin ibu hamil. Ini dapat mengakibatkan gerak peristaltik terganggu. Gerak peristaltik tersebut pada dasarnya berfungsi untuk menghantarkan zigot ke rahim. Atau bisa juga terjadi akibat pernahnya mengalami riwayat operasi di saluran telur atau riwayat radang di rongga panggul, serta disebabkan oleh adanya endometriosis dan kelainan bentuk pada saluran si ibu tersebut.

Tanda tanda dan gejala kehamilan di luar kandungan

Ada pula gejala atau tanda-tanda yang ditimbulkan ketika wanita hamil di luar kandungan. Sebenarnya untuk dapat membedakan kehamilan normal dengan kehamilan ektopik atau di luar kandungan ini agak susah karena gejala kehamilan yang ditimbulkan pada kedua jenis kehamilan tersebut ya hampir sama saja, hampir tak terlihat perbedaannya. Tanda-tanda yang ditimbulkan antara lain, haid yang berhenti alias tak mendapat haid pada bulan itu. Tapi ada pula tanda yang ditimbulkannya yakni jika kehamilan normal yang terjadi, maka wanita hamil tersebut biasa saja tak ada rasa yang berlebih ketika haid berhenti. Tapi, jika terjadi kehamilan ektopik, maka wanita hamil tersebut akan mengalami rasa nyeri yang terlalu dan sulit sekali rasa nyeri itu hilang. Rasa nyeri ini disebabkan oleh adanya desakan di saluran telur dan daerah sekitarnya.

Tanda lain wanita hamil di luar kandungan yakni adanya pendarahan dari organ vagina karena adanya robekan di dinding saluran telur yang tipis yang disebabkan karena perkembangan janin yang mendesak saluran tersebut. Ketika hal ini sampai terjadi, harus ada tindak lanjut yang dilakukan oleh dokter karena ibu dalam kondisi yang kritis. Itulah info yang dapat saya bagikan kepada anda, semoga dapat menambah pengetahuan anda.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar